Discuss Communication Studies In A Brief, Accurate And In-Depth From Reliable Source

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 20 Mei 2018

DEFINISI KOMUNIKASI ORGANISASI





Definisi Komunikasi Organisasi :
Menurut Pace dan Faules adalah salah satu ilmuwan yang merumuskan tentang definisi komunikasi organisasi. Mereka menyebutkan bahwa komunikasi organisasi merupakan sebuah perilaku pengorganisasian yang terjadi (di dalam suatu organisasi) dan bagaimana mereka yang terlibat dalam proses itu melakukan transaksi dan memberi makna atas apa yang telah terjadi.

Organisasi adalah sebuah sistem. Artinya, istilah sistem menunjukkan bahwa kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian atau subsistem yang terdiri dari dua buah atau lebih dan yang mempunyai hubungan interdependen atau saling ketergantung. Bagian-bagian dari sistem tersebut adalah kegiatan-kegiatan dan bukan orang-orang. Setelah itu, kegiatan-kegiatan itu dikordinasi. Kordinasi berarti komunikan yang mengintegrasikan kegiatan-kegiatan yang berbeda menjadi sebuah kerja sama dan mengarahkan kerja sama tersebut pada satu tujuan dan mempunyai implikasi hierarki karena tindak pengintegrasian dan oengarahan hanya dapat dilakukan oleh orang yang mempunyai kedudukan lebih tinggi dalam struktur hierarkis.
Konsep organisasi mengandung lima unsure yaitu :

1.    Sistem
2.    Kegiatan
3.    Komunikasi
4.    Hierarki
5.    Tujuan

Mengenai definisi organisasi formal, seorang tokoh bernama Barnard menunjukkan bahwa komunikasi merupakan unsure sentral dalam organisasi dan secar hakiki organisasi tidak dapat dipisahkan dari komunikasi. Ada tiga unsure pokok dalam organisasi formal menurut konsepsi Barnard adalah :
1.    Komunikasi
2.    Pegabdian, dan
3.    Tujuan bersama yang di dalam definisi formal di atas dinyatakan secara implicit.



3 komentar:

Your Ad Spot

Halaman