Discuss Communication Studies In A Brief, Accurate And In-Depth From Reliable Source

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 20 Mei 2018

REPRESENTASI MEDIA





Representasi media

     Representasi Media dapat diartikan sebagaimana sebuah media dapat digunakan sebagai alat untuk mewakili atau menggambarkan kembali sebuah isu atau fenomena. Representasi yang digunakan dapat bersifat positif atau negatif, yang akan tergantung dari bagaimana media menyampaikan pesan-pesan tersebut.

       Menurut Hall dalam bukunya The Work of Representation.” Representation: Cultural Representation and Signifying Practices, melalui representasi suatu makna dapat diproduksi dan dipertukarkan melalui masyarakat, yang artinya secara singkat representasi adalah salah satu cara untuk memproduksi makna. Sistem Representasi ini terdiri dari dua komponen, yaitu pikiran dan bahasa. Konsep dari suatu hal yang kita miliki dalam pikiran kita, membuat kita mengetahui makna dari hal tersebut. Namun makna tersebut tidak akan tersampaikan jika tidak melalui bahasa. Dalam penafsiran makna, tiap individu atau kelompok bisa menginterpretasikannya dengan pandangan yang berbeda-beda karena pandangan tersebut didasarkan kepada latar belakang masing-masing, baik itu secara pengalaman, pengetahuan, budaya, dan hal-hal lainnya.
Bentuk Media Representasi :
1.    Text
2.    Gambar
3.    Audio
4.    Video

Beberapa pengertian dari bentuk Media Representasi :
  1. TEXT : Bila dalam bentuk Text merupakan Media Representasi sederhana yang hanya berbentuk tulisan bila dalam bentuk digital seperti code ASCII, code HTML, Query Database dan File Text.
  2.  IMAGE : Data Multimedia dalam bentuk Gambar (Image) bisa berbentuk Pixel dan setiap Pixel direpresentasikan ke dalam byte dengan ukuran yang berbeda-beda sesuai banyaknya warna yang disimpannya dan warna yang ditampilkannya dengan mengikuti warna standar (RGB).
  3. AUDIO : Dalam Audio representasi yang digunakan adalah berupa sinyal digital yang di dapat dari proses sample suara asli yang di rekam atau disalurkan.
  4. VIDEO : Dalam Video representasinya berupa frame yang dijalankan dengan waktu tertentu saat perekaman atau pengambilan Video.



Author : Valentinus Michael

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Ad Spot

Halaman