Discuss Communication Studies In A Brief, Accurate And In-Depth From Reliable Source

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 20 Mei 2018

DIGITAL LITERACY





Digital Literacy


Digital Literasi merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk mencari , memperoleh, memahami, menggunakan dan menyebarkan suatu informasi dari berbagai sumber dengan menggunakan teknologi komputer atau media digital secara luas. 



Digital Literasi menuntut setiap individu untuk memiliki kesadaran dalam berkomunikasi dengan orang lain serta saling bekerja sama untuk meningkatkan produktivitasnya. Digital Literasi membutuhkan kemampuan untuk membuat informasi yang kritis, serta dibutuhkan pemahaman yang mendalam dari isi informasi yang terkandung dalam konten digital tersebut.


Sejarah literasi digital


Pada tahun 1980-an .Literasi digital memiliki makna yaitu kemampuan yang digunakan untuk berkomunikasi atau berhubungan dengan informasi dalam arti membaca non-urutan berbantuan computer.

Kemudian Gilster (2007) memperluas konsep literasi digital menjadi suatu kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber digital, atau bisa juga dikatakan sebagai kemampuan untuk membaca, menulis serta berhubungan dengan informasi yang menggunakan teknologi dan format yang ada pada masanya.


Manfaat literasi digital (Brian Wright, 2013):



1.  Menghemat waktu, contohnya menggunakan internet untuk mempercepat pencarian materi.



2.    Belajar lebih cepat, contohnya menggunakan kamus online unutk mencari arti suatu kata.



3.    Menghemat uang, terdapat banyak aplikasi belanja online yang memberikan lebih banyak diskon dibandingkan di tempat perbelanjaan langsung. Hal tersebut dapat mempermudah proses belanja sekaligus menghemat uang.



4.  Membuat lebih aman, di internet terdapat berbagai macam informasi yang dapat kita gunakan kapan sebagai referensi agar kita tidak terjebak penipuan. 



5.  Memperoleh informasi terkini, saat ini terdapat berbagai macam aplikasi yang memberikan informasi terkini dan ter update akan setiap hal.



6. Selalu terhubung, saat ini banyak aplikasi online untuk mempermudah kita dalam berkomunikasi tanpa menggunakan pulsa sehingga kita dapat selalu terhubung dengan orang lain.



7.  Membuat keputusan yang lebih baik, Digital Literasi dapat membuat individu mampu untuk mempelajari, mencari, menganalisis, dan memandingkan informasi kapan saja dan dimana saja sehingga hal tersebut dapat mendukung individu untuk membuat keputusan yang lebih baik dan memiliki nilai tersendiri.



8. Dapat membuat kita bekerja lebih efisien, dengan adanya Digital Literasi, lebih memudahkan kita dalam pekerjaan sehari-hari kita yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi komputer seperti membuat makalah dengan menggunakan Microsoft Word, pendataan keuangan atau laporan keuangan dengan Microsoft Excel.



9.    Membuat lebih bahagia, di internet terdapat banyak sekali konten-konten yang bisa dicari untuk  menghibur diri, sehingga otomatis akan membuat pengguna nya merasa terhibur dan rileks.



10. Mempengaruhi dunia, tulisan-tulisan serta pemikiran yang disumbangkan lewat internet merupakan suatu manifestasi yang kedepannya bisa mempengaruhi dunia untuk kearah yang lebih baik.



Dampak  negatif literasi digital:



1.  Tidak mampu membedakan informasi, ketika seseorang tidak paham mengenai digital literasi maka ia akan susah dalam menentukan atau mencari informasi yang kredibel.



2. Sikap individualism. Zaman sekarang setiap individu lebih aktif dalam media sosial dibandingkan dengan berinteraksi dengan orang lain.



3.  Nilai-nilai budaya mulai ditinggalkan, digital literasi merupakan salah satu bentuk globalisasi yang membuat individu mulai meninggalkan budaya yang kuno.



4.   Kebebasan yang tidak terbatas, membuat setiap orang tua kesulitas untuk mengontrol anaknya.



5.    Memungkinkan terjadinya plagiat, kemudahan dalam mencari informasi di internet dapat membuat individu dengan gampang meng copy hasil karya orang lain dan tidak bertanggung jawab.



6.   Tindakan kriminal, akses internet yang mudah akan memungkinkan terjadinya penipuan melalui media.



7.   Mudah percaya terhadap berita hoax, kurangnya pemahaman mengenai literasi digital dapat membuat suatu individu mudah percaya terhadap berita-berita yang beredar tanpa mengetahui kejelasannya.





Elemen penting dalam literasi digital:



1.    Social Networking.

Kita harus bisa memanfaatkan jejaring sosial sesuai fungsi dan kegunaan nya. Contohnya sebagai mahasiswa kita bisa menggunakan linkedin yang bisa menghubungkan antara peneliti di dunia. Fitur-fitur yang ditawarkan setiap jejaring sosial berbeda-beda, untuk itu kita harus mengetahui dan menguasai fungsi-fungsi dasar dalam setiap jejaring sosial yang kita punya.



2.    Transliteracy.

Kemampuan untuk memanfaatkan platform yang berbeda khususnya dalam membuat konten dan membagikan nya dalam berbagai media sosial.



3.    Maintaining privacy.

Kita harus memahami segala jenis cybercrime dan berusaha untuk tidak menampilkan data pribadi kita secara luas untuk menjaga privacy kita tetap aman.



4.    Managing digital identity.

Bagaimana cara kita untuk mengatur dan menggunakan identitas yang tepat dalam jejaring sosial dan lainnya.



5.    Creating content.

Kemampuan atau keterampilan mengnai bagaimana membuat konten dalam suatu aplikasi online seperti prezi, blog, forum, dll.



6.    Organizing and sharing content.

Keterampilan atau kemampuan untuk mengataur dan berbagi konten untuk dapat dibaca oleh orang lain.



7.    Reusing/repurposing content.

Kemampuan atau keterampilan untuk membuat konten mengenai suatu informasi yang kemudian dibagikan di suatu aplikasi online yang kemudian menjadi konten baru yang dapat digunakan individu lain sesuai kebutuhannya.



8.    Filtering and selecting content.

Kemampuan dan keterampilan untuk menyaring dan memilih informasi yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.



9.    Self broadcasting.

Kemampuan dan keterampilan untuk membagikan idea tau gagasan pribadi kepada banyak orang melalui blog








Author : Valentinus Michael

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Ad Spot

Halaman