Discuss Communication Studies In A Brief, Accurate And In-Depth From Reliable Source

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 20 Mei 2018

RADIO




Sejarah perkembangan radio di Indonesia  (masa reformasi – sekarang)

Sebelum orde reformasi lahir
Jurnalisme radio sepenuhnya dilakukan oleh RRI (Radio Republik Indonesia). Sedangkan radio swasta hanya berperan sebagai radio yang bersifat menghibur.

Reformasi
Terjadi pergeseran peran. Setelah kebebasan pers dibuka, radio yang awalnya hanya sebagai media hiburan berubah menjadi media informasi.

Peran, keunggulan dan kelemahan radio

Radio pada dasarnya memiliki peran yang hampir sama secara garis besar dengan televisi. Wilbur Schramm menjelaskan bahwa peran dari radio (dan televisi) adalah:
1.    Merefromasi pendidikan nasional
2.    Mensuplen pengajaran sekolah
3.    Memperluas jangkauan pendidikan formal
4.    Memperluas jangkauan pendidikan non-formal
5.    Sebagai sponsor link

Di negara berkembang seperti Indonesia, radio memiliki peran yang cukup besar bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan radio dapat menjangkau masyarakat luas secara serentak, termasuk daerah pedesaan.

Radio sebagai media massa memilki keunggulan tersendiri dibandingkan media lainnya. Radio memiliki sifat santai, dimana penyampaian pesan menggunakan bahasa yang lebih sederhana. Namun, radio hanya menggunakan indra pendengaran dan bersifat tidak dapt diulang.

Jenis radio di Indonesia :

1.    Radio publik/pemerintah
Radio yang kepemilikannya dibawah instansi pemerintahan. Radio ini kemudian diserahkan kepada satu departemen sebagai penanggungjawab. Karena berada dibawah lisensi pemerintahan, radio ini sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah dan programnya juga mengacu pada kebijakan pemerintah.

2.    Radio Swasta
Radio yang dimiliki oleh  perseorangan dan bersifat komersil. Biaya dari radio ini diperoleh melalui adanya iklan dan sponsorship.

3.    Radio Komunitas
Radio ini biasa dibentuk oleh suatu komunitas yang memanfaatkan sumber daya yang ada di daerah tersebut. Radio ini cendenrung menggunakan alat-alat yang sederhana. 

4.    Radio Berlangganan
Radio berlangganan sebenarnya merupakan lembaga penyiaran yang berupa badan hukum Indonesia. Lembaga ini hanya menyediakan jasa penyiaran berlangganan dan memerlukan adanya izin dari pemerintahan. Tidak hanya berupa radio lembaga ini juga memberikan jasa penyiaran untuk televisi. 

5.    Radio Internet
Layanan radio yang memenfaatkan internet untuk menyiarkan konten acara yang mereka miliki.  Penyiaran radio ini sendiri disebut sebagai webcasting karena tidak menggunakan sarana nirkabel. Terdapat 2 jenis radio internet, yaitu yang berkolaborasi dengan radio tradisional dan yang tidak berkolaborasi dengan radio tradisional.

            


Author: Sara Elisyeva Setiana

1 komentar:

Your Ad Spot

Halaman