- Menyediakan perspektif untuk menjelaskan komunikasi massa (dibutuhkan lebihdari satu persepktif agar bisa lebih complete dalam memandang sesuatu di media),
- Menjabarkan konsep-konsep yang membantu dalam pemahaman perilaku media,
- Menyadarkan kita keragaman gratifikasi yang diberikan oleh media. Sedangkan peran komunikasi massa adalah sebagai pemberi informasi dan berita terkini.
Analisis
fungsi dan kegunaan media massa:
a. Macroanalysis - media x masyarakat
Perspektif sosiologi dan melihat
melalui lensa wide-angle dan membahas fungsi media massa bagi masyarakat luas.
Pengaruh media dalam dinamika sistem.
b. Microanalysis – media x individu
Melihat dengan melalui lensa close
up penerimaan isi media oleh individu dan bagaimana mereka menggunakan media
massa.
Fungsi
komunikasi massa bagi masyarakat luas:
Surveillance
Fungsi pengawasan yang merujuk pada
berita, pesan, dan informasi media. Disini peran media adalah sebagai pengawal
dan pengawas. Surveillance ada 2 macam, yaitu warning/beware (mengenai bencana,
ancaman, dan bahaya jangka panjang maupun pendek), dan instrument (konten
bersifat useful dan helpful).
Interpretation
Media massa tidak sekedar menyajikan
fakta dan data, tapi juga memberikan informasi tentang arti penting dan makna
suatu berita. Disini peran organisasi media adalah sebagai gatekeeper yang
menyeleksi peristiwa mana yang akan diberitakan. Contohnya, dalam surat kabar ada
kolom editorial pada kerikatur, headline news, dll
Linkage
Media massa menggabungkan saluran
interpersonal yang memiliki unsur-unsur yang berbeda dalam suatu masyarakat
yang tidak bisa terhubung sacara langsung. Contohnya, iklan berusaha menghubungkan
keinginan pembeli dan produk sang penjual, atau media menghubungkan
kelompok-kelompok yang terpisah secara geografis tetapi memiliki perhatian yang
sama. Konsekuensinya, kelompok sosial dapat dimobilisasi dengan cepat.
Contohnya, Jepang dan Korea menjadi 8 dan 4 besar WorldCup 2002, tidak lama
setelah itu, di Negara tersebut banyak bermunculan klub-klub sepakbola.
Transmission of values
Fungsi sosialisasi yang merujuk pada
bagaimana individu mengadopsi perilaku dan nilai-nilai sebuah kelompok. Peran
media massa disibi adalah menampilkan gambaran msyarakat kita dengan
memperhatikan, mendengarkan, dan membaca. Kita juga belajar bagaimana orang
seharusnya bertindak dan nilai-nilai apa yang penting. Contohnya, nilai
keluarga dalam keluarga cemara yaitu keakraban, kedamaian, bahagia, ceria,
rukun, dll. Contoh lainnya nilai-nilai tentang anak yaitu citra anak gembira,
aktif, sehat, dan lucu. Namun, konsekuensinya, ada pembentukan stereotype oleh
media massa tentang citra-citra kelompok atau nilai-nilai tertentu.
Entertainment
Fungsi paling gambling dari media
massa, yaitu fungsi hiburan. Konsekuensinya, fungsi ini mengisi fungsi
interpersonal pelawak, tukang dongeng, waang, sulap keliling, dll. Banyak
kritik yang berpendapat bahwa media merendahkan tingkat budaya dan membuat
selera menjadi murahan. Konsekuensi lainnya, media membuat khalayak menjadi
pasif.
Bagaimana individu menggunakan
khalayak? Ini dibagi menjadi 4 sistem kategori, diantaranya:
a.
Cognition
Tindakan
untuk mengetahui sesuatu
b.
Diversion
Pengalihan/hiburan. Dapat terjadi
dalam stimulasi, relaksasi, dan pelepasan emosional. Efek negatifnya, tontonan
kekerasan dapat menstimulasi beberapa bentuk kekerasan pada anak dan remaja.
c.
Social utility
Kebutuhan
akan kesatuan sosial. Conversational currency, menjadikan media massa sebagai
teman berinteraksi. Parasocial relationship.
d.
Withdraws
Media
dijadikan pelarian sejenak dari kelompok sosial.
Author : Yesi Yuliana
Terimakasih buat infonya sangat bermanfaat
BalasHapusSama-sama kak :)
HapusTerimakasih buat infonya sangat bermanfaat
BalasHapusterimakasih sudah mengunjungi blog kami :)
BalasHapusBagus bangett jadi nambah wawasan
BalasHapusMakasih yah. Sering-sering ke blog kami ya :)
Hapus