Discuss Communication Studies In A Brief, Accurate And In-Depth From Reliable Source

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 03 Mei 2018

HAKIKAT KOMUNIKASI MASSA




Proses komunikasi pada umumnya melibatkan komponen-komponen berupa source (sumber), encoding, message (pesan), channel (media), decoding, receiver (penerima), feedback, dan sering kali terdapat noise (gangguan). Prosesnya, source memiliki pemikiran yang diubah menjadi kode-kode melalui proses encoding lalu disampaikan lewat cara-cara tertentu dalam hal ini channel, kemudia lawan bicara mengubah kode kedalam pemahamannya melalui proses decoding sehingga pesan tersampaikan. Dalam prosesnya terkadang terdapat noise baik itu dari source, receiver, channel, maupun pada saat proses encoding dan decoding.

                Komunikasi massa adalah proses komunikasi yang dilakukan leh organisasi yang kompleks melalui beberapa proses encoding dan decoding menggunakan mesin dan pesan ditransmisikan pada publik yang luas, heterogen dan tersebar. Terdapat banyak alat dalam komunikasi massa, diantaranya, film, surat kabar, majalah, tabloid, buku, radio, TV, kaset, dan yang terakhir new media yaitu internet. 
Channel yang digunakan dalam komunikasi massa disebut media massa. Yang disebut media massa itu tidak hanya alatnya secara mekanikal (Tv, Radio, dll), tapi juga organisasi media itu sendiri, yaitu orang yang terlibat, kebijakan, teknologi, dan lainya yang mendukung proses produksi dan distribusi komunikasi massa.
Organisasi media sendiri memiliki karakteristik sebagai berikut:
a.       Struktur organisasinya formal dan kompleks
b.      Gatekeepers
c.       Biaya produksi tinggi
d.      Persaingan tinggi
e.      Tujuannya untuk mendapat profit


Author : Yesi Yuliana - 170906231

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Ad Spot

Halaman