Discuss Communication Studies In A Brief, Accurate And In-Depth From Reliable Source

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 17 Mei 2018

INTERNET

SEJARAH INTERNET DUNIA




Internet (interconnection networking) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Berasal dari bahasa latin inter yang berarti antara.
Sejarah internet dimulai pada 1969. Saat itu, Departemen Pertahanan Amerika, U.S. DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), memutuskan untuk mengadakan riset penelitian tentang cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
Program riset ini dikenal dengan nama Apranet. Pada 1970, sudah lebih dari sepuluh komputer yang berhasil dihubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Keberhasilan menyambungkan antar komputer ini yang kemudian bisa membuat mereka berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Pada awal ditemukannya internet, mereka mendemonstrasikannya menggunakan software dan hardware berbaris UNIX, yang merupakan cikal bakal terciptanya Linux. Tujuan awal diciptakan internet oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) merupakan proyek militer untuk membuat sistem jaringan komputer yang terletak pada daerah-daerah vital untuk menanggulangi kalau sewaktu-waktu terjadi serangan nuklir, dan untuk mengantisipasi kendala informasi yang terpusat.
   Pada tahun 1969, Robert Taylor dipromosikan menjadi kepala kantor informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat). Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyeknya untuk menguhungkan jaringan-jaringan yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. ARPANET yang berbasis teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat, pada tahun 1981 jaringan yang tersambung mencapai 213.

  Selain jaringan ARPANET, banyak pengguna komputer yang mengembangkan teknik jaringan sendiri yang disebut UUCP. Namun, teknik UUCP ini memiliki masalah besar yaitu bagaimana cara agar beragam jenis peralatan yang berbeda dapat terhubung. Keberagaman media fisik mendorong adanya perkembangan cara berkomunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga jaringan-jaringan yang ada dapat saling terhubung menjadi satu. Protokol internet memungkinkan jaringan internet dibangun dalam media fisik yang berbeda-beda yang artinya komputer dapat terhubung dengan telepon dan dapat melakukan komunikasi dalam jaringan LAN ataupun Radio. Hal ini mendorong terjadinya internetwork secara global yang kini kita kenal dengan sebutan internet. Komersialisas dan privatisasi internet mulai terjadi pada tahun 1980an dimana Amerika Serikan mengijikan adanya Internet Service Provider.

  Internet adalah sebuah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), mereka memperlihatkan bagaimana cara menggunakan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat kita gunakan untuk berkomunikasi tanpa dibatasi jarak tertentu melalui saluran telepon.

  Tujuan awal dibentuknya proyek ARPA adalah untuk keperluan militer pada saat itu. Departemen Pertahanan Amerika Serikat menghubungkan komputer-komputer di daerah penting dan menggunakan sistem jaringan komputer yang ada untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir.

Sejarah Internet di Indonesia


  Sejarah internet Indonesia dimulai sejak awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan paguyuban network, dimana semangat kekeluargaan, gotong royong, dan kerjasama sangat hangat dan terasa di antara para anggotanya. Sedikit berbeda dengan suasana Internet Indonesia, pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet.
  Internet Service Provider pertama di Indonesia. Pada tahun 1994, muncul PT.Indonet yang didirikan oleh Sanjaya yang berlokasi di Daerah Rawamangun. Setelah Indonet muncul ISP dengan nama Rodnet, semakin lama semakin berkembang ditandai dengan adanya banyak open source seperti NOS, FREEBSD, dan LINUX.

Kelebihan dan kelemahan Internet

Kelebihan :
  1. Hiburan (Game online, youtube)
  2. Media sosial (memudahkan berkomunikasi)
  3. Edukasi (menambah pengetahuan)
  4. Akses 24 jam (Internet tidak terbatas waktu)
  5. Informasi yang masih baru langsung dapat di akses
  6. Kecepatan (internet dapat lebih cepat di akses untuk mendapatkan informasi dibanding dengan media lain)
  7. Kenyamanan (praktis dan mudah)
  8. Murah (melalui internet komunikasi jarak jauh lebih murah dan dapat digunakan siapa saja)
Kekurangan :
  1. Dapat mengakibatkan kecanduan atau ketergantungan (terlalu sering mengakses internet dapat menyebabkan ketergantungan)
  2. Adanya Cyber Crime (Kejahatan dari internet)
  3. Adanya pornografi
  4. Identitas palsu dan penipuan (di internet kita bisa menciptakan identitas palsu sehingga banyak kasus penipuan)
  5. Informasi tidak semua benar dan adanya hoax
  6. Virus (internet menjadi ladang penyebaran virus) contoh virus trojan
  7. mempersempit ruang privasi (orang semakin mudah mengetahui privasi orang lain)


Referensi :

blogkomass.blogspot.co.id
informazone.com

2 komentar:

Your Ad Spot

Halaman